Chatting Facebook Menggunakan Pidgin

Logo Pidgin

Logo Pidgin

Bagi anda yang suka chatting (ngobrol) menggunakan Facebook, tentu sudah tidak asing lagi dengan fasilitas Facebook Messenger. Namun, pengguna Facebook Messenger melalui website sering terkendala bandwidth internet.

Untuk menghemat bandwidth internet dalam menggunakan fasilitas chatting Facebook Messenger, pengguna ubuntu dapat menggunakan aplikasi Pidgin. Dengan menggunakan aplikasi Pidgin, chatting Facebook menjadi lebih mudah dan menyenangkan tanpa harus takut proses loading yang lama saat mengakses Facebook Messenger melalui website.

Nah, bagi pengguna ubuntu yang belum melakukan instalasi Facebook Messenger menggunakan Pidgin, berikut adalah langkah instalasinya :

1. Instal Pidgin melalui Ubuntu Software Center

Pidgin FB 01

2. Setelah pidin terinstall, anda perlu masuk ke account Facebook anda untuk mengetahui user name anda. Caranya setelah anda berhasil masuk dalam account Facebook anda, lalu klik profil anda. Setelah masuk dalam profil anda, silahkan copy user account Facebook anda yang berada di ujung URL pada address URL

Pidgin FB 05

3. Add account chatting anda (pilih Facebook atau XMPP pada protocol)

Pidgin FB 06

4. Masukan user name anda yang didapat dari langkah ke dua, lalu masukan chat.facebook.com pada kolom domain. Setelah itu anda harus mengetikan pidgin pada kolom resource. Terakhir, masukan password facebook anda pada kolom password. Jika anda ingin menyimpan password anda, maka centang kolom remember password.

Pidgin FB 02

5. Lalu kita berpidah pada tab Advanced. Pastikan Connect Portnya 5222, Connect Servernya chat.facebook.com dan File Transfer Proxies nya proxy.eu.jabber.org.

Pidgin FB 03

6. Setelah itu klik tab save.
Setelah semua langkah diatas dilakukan, anda dapat melakukan chatting Facebook sesuka anda. Tinggal klik teman anda dan mulailah chatting. (Rifky)

One thought on “Chatting Facebook Menggunakan Pidgin

  1. tamami
    17 Desember, 2014 at 17:08

    pingin ngegunain,,tapi hp nya blmmemadai #indonesiamembangun

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *