Pengenalan Tampilan Antarmuka LibreOffice Writer (Tutotial LibreOffice Writer 02)

Tulisan Pengenalan Tampilan Antarmuka LibreOffice Writer ini adalah serial Tutorial LibreOffice Witer. Tulisan Pengenalan Tampilan Antarmuka LibreOffice Write ini adalah Tutorial ke dua.

Dalam tutorial ini kita akan mengenal tampilan antar muka LibreOffice Writer. Tampilan antarmuka LibreOffice Writer sangat mirip dengan Microsoft Word 2003. Yang membedakannya hanyalah pada warna dan grafisnya saja.

Untuk mengoperasikan LibreOffice Writer pertama kali adalah dengan mengklik icon LibreOffice Writer, pada Windows klik tombol Start > Program > LibreOffice Writer, pada  Linux klik tombol Applications > Office > LibreOffice Writer.

Pada dasarnya ada dua cara untuk mengolah dokumen di LibreOffice Writer, yaitu membuat dokumen baru dan membuka dokumen yang sudah ada untuk melakukan pengeditan terhadap dokumen tersebut.

Menu bar, ada di bagian atas di bawah Title Bar, terdiri dari File, Edit, View, Insert, Format, Table, Tools, Windows, dan Help.
01
Menu File berisi : Open, Save, Close, Wizard, Recent Document, page preview, print, dll. Kelebihan dari LibreOffice  Writer adalah dapat langsung menyimpan sebagai file pdf (export as PDF).

02Menu Edit berisi perintah-perintah untuk penyuntingan dokumen seperti, Undo, Find & Replace, Cut, Copy, Paste, dll.

03Menu View berisi perintah-perintah untuk mengontrol penampilan dokumen seperti Zoom, Toolbar dan Print Layout, dll

04Menu Insert berisi perintah-perintah untuk menyisipkan elemen dokumen seperti Manual Break, Fields (Page Number, Page Count, Date, Time) Headers, Footers, Pictures, dll.

05Menu Format berisi perintah-perintah untuk memformat dokumen, seperti Page, characters, Bullet and Numbering, Columns, Alignment, dll.

07Menu Tables berisi perintah-perintah yang berhubungan dengan Table seperti membuat baru, menyisipkan, menggabung ataupun menghapus tabel.

08Menu Tools berisi perintah-perintah fungsi seperti Spellcheck, Customize (untuk kostumisasi LibreOffice Writer), Options (penyetingan LibreOffice Writer), dll.

09Menu Window berisi perintah untuk menampilkan pengaturan window.

10Menu Help, berisi link ke file Help, What’s This ? Check for Update, Registration tentang LibreOffice.

11Toolbar utama, menampilkan ikon-ikon yang merupakan perintah utama dan esensial dalam bekerja di LibreOffice Writer, seperti perintah New, Open, Save, Print, Undo, Paste, Copy, dsb.

12Toolbar formatting, menampilkan ikon-ikon serta pengaturan untuk melakukan format dokumen, seperti pengaturan font, jenis huruf, perataan teks, penomoran, dsb.

13Penggaris/ruler, merupakan alat bantu untuk mengukur panjang kertas, margin, serta jarak tabulasi.

14Status bar, menampilkan status dalam bekerja. Selain toolbar yang ada, Anda juga bisa menambahkan beberapa toolbar lainnya melalui menu View > Toolbars > Toolbar yang ingin ditambahkan. Setiap toolbar memiliki fungsi masing-masing dan sangat membantu mempercepat Anda dalam bekerja. Berikut adalah perbedaan letak menu antara Word 2003 dengan LibreOffice Writer :

3Perlu sedikit pembiasaan diri dan kesabaran untuk melatih diri agar terbiasa menggunakan LibreOffice Writer jika Anda belum terbiasa. Untuk mempercepat waktu, Anda bisa gunakan keyboard shortcut berikut ini untuk melakukan penyuntingan. Penggunaan keyboard shortcut akan meminimalisasi penggunaan mouse.

4Agar dokumen Anda lebih menarik, tentunya Anda perlu melakukan formatting pada dokumen sehingga membuat dokumen Anda lebih cantik, elegan dan profesional. Untuk melakukan hal ini, Anda bisa memblok teks yang ingin diformat lalu memanfaatkan toolbar formatting yang terdapat di bagian atas penggaris. Selain itu, Anda juga bisa memanfaatkan berbagai keyboard shortcut berikut ini :

5Apabila anda ingin menambahkan fungsi untuk keyboard shorcut yang lain. Anda dapat menambahkan melalui menu Tools > Customize > Keyboard > kemudian pilih shortcut key yang diinginkan dan functionnya kemudian klik modify Menggunakan LibreOffice Writer.

Nah, perlu keberanian dalam mempelajari LibreOffice Writer. Untuk membantu dan memudahkan anda dalam mempelajari LibreOffice Writer, Komunitas Pengguna Ubuntu (KPU) Lampung akan membuat dan melanjutkan serial tutorial ini. Sampai jumpa di tutorial berikutnya. (Rifky)

One thought on “Pengenalan Tampilan Antarmuka LibreOffice Writer (Tutotial LibreOffice Writer 02)

  1. pikal
    17 Desember, 2014 at 17:15

    mantap
    #indonesiamembangun

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *