Pengaturan Umum LibreOffice Writer (Tutorial LibreOffice Writer 03)

Setelah kita mengenal apa dan bagaimana LibreOffice Writer pada Tutorial 01 dan menganal tampilan antar mukanya pada Tutorial 02, kita akan melakukan pengaturan umum LibreOffice Writer agar mudah digunakan dan berkesesuaian dengan aplikasi pengetikan serupa dengan sistem operasi komputer lain. Untuk itu kita akan melakukan pengaturan umum LibreOffice Writer melalui fungsi Option yang ada dalam tabs Tool.

Pengaturan umum yang kita lakukan pada tutorial ini adalah pengaturan format penyimpanan berkas, pengaturan satuan ukuran penggaris ukur dan mengatur jenis huruf di LibreOffice Writer agar lebih mudah digunakan untuk pengetikan dan tidak melelahkan mata saat pengetikan. Ada beberapa langkah yang harus dilakukan, yaitu :

  1. Setelah aplikasi LibreOffice Writer dibuk, silahkan meng-klik tab Tools.
  2. Lalu sorot tanda panah pointer anda ke bagian Options dan klik.

IMG_16303. Setelah menu Options muncul, silahkan lebarkan tabs Load/Save (klik tanda segitiga kecil disebelah kiri tulisan Load/Save) dan klik tabs General.

IMG_16324. Setelah itu kita akan mengatur jenis dokumen yang ada dalam tabs Document type: dan pastikan anda memilih Text document. Lalu kita akan mengatur jenis format berkas penyimpanan hasil pengetikan dengan memilih Microsoft Word 97/2000/XP/2003 pada tabs Always save as:

IMG_16335. Kita lanjutkan dengan mengatur satuan pengukuran yang digunakan. Pilihlah tabs LibreOffice Writer untuk mengatur. Lebarkan tabs LibreOffice Writer (klik tanda segitiga kecil disebelah kiri tulisan LibreOffice Writer) dan klik tabs General. Setelah itu pilih Centimeter pada tabs Measurement unit.

IMG_16356. Terakhir, kita akan mengatur jenis huruf yang akan digunakan sebagai jenis huruf standar dalam pengetikan. Klik tabs Basic Fonts (Western), lalu ketikan Arial pada tabs Default, Heading, List, Caption dan Index (jika menginginkan jenis huruf lain silahkan pilih dari menu yang ada, tetapi disarankan menggunakan jenis huruf Arial). Setelah selesai, kita akhiri pengaturan umum LibreOffice Writer dengan mengklik tabs OK.

IMG_1636

Selesailah sudah pengaturan umum LibreOffice Writer kita. Dengan melakukan pengaturan umum kini kita akan mudah untuk :

  1. Menyimpan dalam format *.doc yang dapat dibuka dengan mudah dalam komputer yang menggunakan sistem operasi Windows dan Machintos.
  2. Memudahkan pengaturan margin kertas pengetikan karena satuan pengukuran yang umum digunakan di Indonesia adalah centimeter.
  3. Jenis huruf Arial yang kita pilih tidak menyebabkan mata kita mudah lelah saat kita melakukan pengetikan.

Nah, sekian dulu Tutorial 03 ini. Akan kita lanjutkan dengan tutorial LibreOffice Writer berikutnya. (Rifky)

One thought on “Pengaturan Umum LibreOffice Writer (Tutorial LibreOffice Writer 03)

  1. pikal
    17 Desember, 2014 at 17:13

    keren
    #indonesiamembangun

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *