Memasang Pengaya Al Qur’an di LibreOffice Writer (Tutorial LibreOffice Writer 04)

Tampilan Sisipan Al Qur'an di LibreOffice Writer

Tampilan Sisipan Al Qur’an di LibreOffice Writer

Tutorial ini adalah lanjutan tutorial LibreOffice Writer yang telah dipublikasikan sebelumnya. Tutorial ini sengaja di unggah untuk menjawab kebutuhan anggota Komunitas Pengguna Ubuntu (KPU) Lampung yang beragama Islam (umumnya) dan kuliah di IAIN Raden Intan Lampung (khusunya).

Ternyata, LibreOffice Writer dapat dipasang ekstensi yang dapat membantu kita untuk menyisipkan ayat suci Al Qur’an ke dalam tulisan yang kita ketik menggunakan LibreOffice Writer. Ekstensi ini bernama QiOO (Qur’an in OpenOffice).

Awalnya, ekstensi QiOO ini hanya dapat dipasang di OpenOffice. Karena sejak diluncurkan pada 2010 lalu LibreOffice merupakan pengembangan OpenOffice, maka ekstensi ini juga dapat digunakan di LibreOffice Writer.

Desan ekstensi ini, LibreOffice Writer yang kita gunakan untuk mengetik dapat disisipkan ayat Al Qur’an berikut terjemahannya. Dengan ekstensi ini kita dapat menyisipkan surah, ayat dan terjemahan Al Qur’an yang kita inginkan.

Untuk mmemasang ekstensi QiOO pada LibreOffice Writer, kita harus mendownload terlebih dahulu ekstensi QiOO di link ini atau mengunjungi http://extensions.openoffice.org/en/project/quran-openofficeqioo. Selanjutnya anda harus melakukan :

1. Ekstrak hasil download.

2. Buka LibreOffice Writer.

3. Klik menu Tools->Extension Manager.

00024. Klik Add, lalu browse file yang sudah diekstrak.

0003 000400055. Setelah itu tutup LibreOffice Writer lalu buka kembali.

6.Pada menu bar sudah terdapat menu AlQuran

0006

Selesai sudah ektensi QiOO telah terpasang di LibreOffice Writer anda. Untuk menyisipkan ayat Al Qur’an ke dalam tulisan yang kita ketik, silahkan lakukan langkah :

1. Klik menu Al Qur’an->Choose Surah

00072. Pilih Surat, ayat, ukuran font, dan Translasi (terjemahan) jika ingin memasukkan terjemahan juga, dengan memberi tanda centang.

0008

Dengan langkah diatas maka kita telah menyisipkan ayat Al Qur’an ke dalam tulisan yang kita ketik di LibreOffice Writer. Anda dapat melakukan penyusuaian letak dengan menggunakan perintah salin (copy), potong (cut) dan pasang/terapkan (paste). Perlu di ingat, jika hanya hanya memasukan 1 (satu) ayat maka pada tabs Ayat anda harus memilih Ayat : 1 s/d 1.

Tampilan Sisipan Al Qur'an di LibreOffice Writer

Selamat mencoba, semoga bermanfaat. Sampai jumpa di tutorial LibreOffice Writer berikutnya. (Rifky)

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *