Menyisipkan Simbol Kuadrat (Tutorial Libreoffice Writer 05)

Banyak yang berkomentar malas menggunakan libreoffice writer, bahkan malas menggunakan ubuntu dengan alasan pengetikan di ubuntu menggunakan libreoffice writer sulit. Salah satu teknik pengetikan yang dikeluhkan adalah mengetik simbol kuadrat, aksen, pangkat 3, tanda 1/2, tanda 1/4, dan sebagainya.

Sebenarnya pengetikan menggunakan libreoffice writer amatlah mudah, sama dengan cara pengetikan menggunakan aplikasi pengetikan lainnya. Hanya saja pengguna libreoffice writer umumnya “malas” mengeksplorasi aplikasi tersebut atau terbiasa menggunakan tool bar.

Nah, dalam Tutorial 05 libreoffice writer ini akan kita bedah bersama cara pengetikan simbol  kuadrat, aksen, pangkat 3, tanda 1/2, tanda 1/4, dan sebagainya. Sebenarnya, untuk pengetikan simbol-simbol tersebut di libreoffice writer dapat dilakukan dengan beberapa cara, yaitu :

  1. Menggunakan penyisipan karakter spesial (insert special character).
  2. Menggunakan toolbar superscricpt.

Mari kita bedah satu per satu cara tersebut. Kita mulai dengan menggunakan penyisipan karakter spesial (insert special character). Caranya adalah :

1. Letakan krusor pada kata/kalimat yang kita ketik dan akan disisipkan simbol (dalam contoh ini kita gunakan simbol kuadrat untuk menyatakan luas dalam meter per segi).

2. Lalu klik Insert -> Special Character

3. Pilih simbol yang akan anda sisipkan (dalam contoh ini kita gunakan simbol kuadrat untuk menyatakan luas dalam meter per segi). Usahakan simbol yang anda pilih sesuai dengan jenis huruf (font) yang anda gunakan dalam pengetikan.

 Selanjutnya adalah menyisipkan simbol menggunakan toolbar superscript. Namun, dalam cara ini memiliki kelemahan yaitu hanya untuk membuat simbol kepangkatan yang biasa digunakan dalam matematika saja, seperti kuadrat, pangkat 3, pangkat 4 dan seterusnya. Caranya adalah :

  1. Ketikan angka simbol yang akan anda gunakan (dalam contoh ini kita gunakan simbol kuadrat untuk menyatakan luas dalam meter per segi).
  2. Lalu tekan keyboard secara bersamaan pemintas keyboard Superscript, yaitu Ctrl+Shift+P.

 Mudah bukan mengetik dengan libreoffice writer. Untuk semakin memudahkan anda, ada baiknya kita melengkapi tampilan antarmuka libreoffice writer kita dengan toolbar Special Character dan toolbar Superscript.

Cara memunculkan toolbar Sepecial Character adalah :

1. Klik menu View -> Toolbars -> Insert.

2. Lalu letakan toolbar itu pada tempat yang anda inginkan.

3. Pada baris akhir toolbar anda perlu melakukan klik kanan dan memilih menu Lock Toolbar Position

Cara memunculkan toolbar Superscript adalah :

1. Klik menu View -> Toolbars -> Formating

2. Lalu letakan toolbar itu pada tempat yang anda inginkan.

3. Pada baris akhir toolbar anda perlu melakukan klik kanan dan memilih menu Lock Toolbar Position.

4. Untuk memunculkan toolbar Superscript, anda perlu juga melakukan klik kanan pada baris akhir toolbar, lalu memilih Visible Buttons, lalu memilih toolbar superscript dan subscript.

Selamat mencoba. Untuk memperkaya tutorial libreoffice writer ini, silahkan meninggalkan pertanyaan anda dalam kolom komentar. (Rifky)

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *